Apa tanda dosa diampuni?


Sahabat yang dikasihi Tuhan Yesus,

forgiven 1Hal yang terpenting dalam hidup manusia, sebenarnya adalah DOSANYA DIAMPUNI. Surga adalah tempat yang kudus, suatu tempat yang sangat suci, sebuah tempat yang hanya boleh dimasuki oleh orang-orang yang dosa-dosanya sudah dibayar lunas. Tidak ada seorang manusia pun yang luput dari perbuatan dosa, karena semua orang telah pernah berbuat dosa. Seseorang tidak boleh berbangga hati lantaran dosa-dosanya sedikit, karena walau hanya sedikit, tetapi jika tidak diampuni, maka dosa yang sedikit itu sudah cukup untuk mencegahnya masuk Surga. Tetapi seseorang dengan masa lalu yang gelap, yang banyak dosa, tidak perlu berkecil hati ataupun merasa minder, karena ketika ia melakukan keputusan yang benar sehingga Tuhan Yesus mau mengampuni semua dosanya, maka dosa yang sebesar apapun tidak akan menghalanginya masuk sorga.

Zakharia, ayah Yohanes Pembaptis, suatu hari bernubuat demikian:

Lukas 1:76,77

Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka,

Perbuatan baik sangatlah penting, namun yang terpenting adalah bahwa dosa kita diampuni Tuhan.

Lantas, bagaimanakah kita bisa tahu, apakah dosa-dosa kita sebenarnya sudah diampuni ataukah belum? Jika kita hanya meraba-raba atau mengira-ira, maka bisa-bisa kita hanya menyangka bahwa dosa kita sudah diampuni, padahal sebenarnya belum. Jika hal ini yang terjadi, maka kita bisa menjadi orang-orang paling malang. Oleh karena itu kita harus memiliki pengetahuan yang benar soal pengampunan, dan satu-satunya yang dapat dipercaya untuk itu, adalah FIRMAN TUHAN, yang bisa kita baca di Alkitab.

Definisi Dosa:

Secara sederhana, dosa adalah setiap tindakan yang melawan atau bahkan menentang Firman Tuhan. Jika Tuhan suatu ketika berfirman: “Pergilah kamu ke arah matahari terbenam”, namun kita pergi ke arah matahari terbit, maka itu termasuk DOSA! Tuhan berpesan:” Adam, buah pengetahuan tentang baik dan jahat  jangan kamu makan” namun Adam dan Hawa memakan juga, itulah Dosa!  Terlalu banyak orang mengira bahwa dosa hanya soal: mencuri, membunuh, korupsi, berzina, dll, padahal sebenarnya jauh lebih dari itu.

Kalau Anda memberi perintah kepada anak Anda, dan dia melawan perintah Anda (padahal maksud Anda adalah demi kebaikannya), maka tentu Anda merasa tidak nyaman bukan? Nah, setiap dosa, entahkah itu “besar” maupun “kecil”, kesemuanya itu akan membuat Tuhan merasa tidak nyaman.

Daftar dosa yang belum banyak diketahui orang:

1.  Tidak mau mendengarkan ajaran Yesus –>  Melawan Firman Allah Bapa (Matius 17:5): “Inilah Anak yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia.”

2.  Tidak percaya kepada Yesus –> Melawan perkataan Yesus (Yohanes 14:1): “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, dan percayalah juga kepadaKu”.

Tentu masih banyak sekali jenis dosa yang lain, yang tidak boleh diabaikan.

Janji Tuhan soal pengampunan:

1.  Orang yang mau mengampuni sesamanya (Matius 6:14)

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.

2.  Orang yang bertobat dan dibaptis (Markus 1:4  juga Lukas 3:3)

Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu.”

3.  Orang yang mengakui dosanya di hadapan Tuhan (1 Yoh 1:9)

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Tanda-tanda bahwa orang sudah diampuni dosanya:

 

Maria Magdalena
Maria Magdalena

 

1.  Hatinya meluap dengan rasa cinta kasih yang besar kepada Tuhan, dan rasa hormat yang mendalam kepada-Nya serta ucap syukur yang keluar dari lubuk hati. Contoh: Maria Magdalena yang dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan (Markus 16:9).

2.  Penyakitnya disembuhkan Tuhan (bukan obat), contoh: seorang yang lumpuh (Matius 9:5). Kecuali untuk maksud-maksud pengujian, maka Tuhan pasti akan memberikan kesembuhan kepada setiap orang yang “benar” yang meminta dengan sungguh-sungguh dan memiliki iman yang benar.

Fakta:

Penulis artikel ini sudah puluhan kali mengalami sendiri dari yang sudah penulis paparkan, dan ratusan kasus yang penulis saksikan sendiri, bagaimana ketika penulis beserta rekan-rekan sepelayanan dapat membawa seseorang di bawah kondisi mengampuni dan diampuni, maka orang yang kami layani mengalami kesembuhan illahi (pelakunya Roh Kudus) baik kesembuhan yang SEKETIKA (mujizat) maupun memerlukan waktu (Kesembuhan Illahi).

7 thoughts on “Apa tanda dosa diampuni?

  1. Haleluya,, apakah dosa ku akan di ampuni juga bilamana aku telah berbuat dosa yang begitu besar..?? maaf aku belum bisa kasih tau dosa apa yang telah ku buat ..!

    Balas ke email saya.

    Terima kasih

    • Shalom,
      Sebesar apapun dosa kita, selama kita menyadari itu sebagai dosa, lalu kita menyesal dengan sungguh-sungguh dan rindu untuk bertobat, maka SESUNGGUHNYA Tuhan Yesus sanggup dan MAU menebus dosa-dosa kita.
      Yang terpenting adalah MENGAKU DOSA DI HADAPAN TUHAN (tidak harus di hadapan manusia, jika memang masih sungkan).
      Ini ada contoh bagus:

      Lukas 18:10,13,14
      10 “Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai.
      ……….
      Doa Pemungut cukai

      13 Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.
      14 Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah … Sebab ….. barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.”

      Lihatlah, bahwa si Pemungut Cukai mengakui dosa di hadapan Allah, dan BUKAN di hadapan manusia (imam maupun pendeta).

      Tapi omong2, bagaimana kami bisa balas ke email Anda, jika alamat emailnya saja kami tidak tahu?

      Shalom,
      Tuhan Yesus memberkati.

  2. Aku ingin sekali bertobat..tapi kenapa dosa itu terus mengintip aku..! bagaimana supaya aku tidak terjatuh di dalam dosa yang sama

  3. menurut saya sih pelayanan pelepasan ga menjamin kita lepas dari ikatan dosa..karena yg penting niatnya karena saya pun terikat dosa yg sama bertahun2 ..sewaktu saya ambil keputusan mau bertobat tanpa pelayanan pelepasanpun,saya sudah terlepas dan ga pgn lakukan dosa itu lagi…karena saya percaya darah Yesus melepaskan smua ikatan dosa.maaf jika salah thx

  4. HARUSKAH KITA MINTA MAAF KEPADA ORANG YANG KITA SAKITI/\? APABILA DIA TIDAK MEMAAFKAN,APAKAH DOSA KITA TETAP ADA ?

    • Perintah Tuhan Yesus: “Ampunilah, maka kamu akan diampuni”. Maka kewajiban kita hanyalah mengampuni. Terlepas dari, apakah orang yang pernah kita sakiti itu mau memaafkan atau tidak, tetapi bagian kita adalah MENGAMPUNI, maka dosa kita akan diampuni.
      Salam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s