Benarkah orang Kristen tidak dapat kerasukan setan?

Sebagian Kristen berpendapat bahwa orang Kristen tidak dapat dirasuk setan karena adanya Roh Kudus dalam dirinya. Tapi ada sebuah kejadian di sebuah SMU Kristen (tak usahlah kusebut namanya) dimana banyak murid mengalami kerasukan setan secara massal di antaranya tentulah murid Kristen juga, mereka sampai trance (tak sadar) karena ketika kerasukan mrk berteriak-teriak tapi setelah sadar mereka bengong,… yang berarti memang mereka sungguh-sungguh kerasukan.

Seorang dosen Kristen denominasi tertentu mengatakan bahwa keberadaan Roh Kudus menyebabkan tidak mungkin-nya seorang Kristen kerasukan, karena Iblis dan roh jahat hanya bisa menggoda (berarti Iblis berada luar jiwa atau tubuh) dan bukan merasuki (di dalam tubuh atau jiwa untuk menguasai). Tapi menurut saya fakta di lapangan belum tentu demikian.

Bagaimana dengan Yudas?

Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk mengkhianati Dia. (Yoh 13:2)

Di ayat tsb bolehlah diartikan bahwa Iblis berada di luar Yudas, dan hanya membisikkan rencananya kpd Yudas. Lalu ada ayat ini:

Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot. Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. (Yoh 13:26b,27a)

Nah, ayat itu tidak mungkin dapat disangkali bahwa Iblis dapat merasuki Yudas. Tapi apakah saat itu Yudas sudah ada Roh Kudus?

Saat itu Yesus masih Yesus, “belum menjadi” Immanuel. Sebab Yesus masih harus mati dulu, lalu Ia harus bangkit naik ke Sorga dulu, kemudian setelah itu Yesus dapat menjadi “Allah yang menyertai manusia” yaitu Immanuel.

Ketika Yesus sudah mati dan sudah bangkit dari kematian-Nya, maka Ia menghembusi kesebelas murid-Nya dan berkata:”Terimalah Roh Kudus” (Yoh 20:22), sehingga kesebelas murid2-Nya menerima Roh Kudus. Kemudian bersama banyak orang lainnya para murid Yesus itu dipenuhi Roh Kudus di hari raya Pentakosta (Kisah 2:1-4), dan memang dari kesebelas murid Yesus itu semuanya setia sampai mati, dan tidak pernah dirasuki setan dalam arti sampai dikuasai setan, teriak2 dst.

Tetapi bagaimana dengan contoh seseorang (tak perlu kusebut pula namanya) yang cinta Tuhan, sering mendoakan orang sakit dlm nama Yesus dan sembuh, sering mengusir setan demi nama Yesus, dan dari perilakunya dia tidak jahat, namun suatu kali dia pergi ke sebuah sungai kecil dekat rumahnya, tiba2 dia ngak sadar sampai berendam di air kali, dan beruntung ada seseorang yang kebetulan lewat, trus dipapahnya pulang dalam keadaan trance. Dia ngak pingsan tapi kalau diajak ngomong ngak nyambung. Ketika sampai di rumah, saat ketemu dengan anggota keluarganya dia bertanya:”kamu siapa??”.

Nah, itulah fakta di lapangan.

Jadi, apakah orang Kristen masih dapat dirasuk setan?

Bagaimana jika seorang Kristen masuk anggota kuda lumping yang bener2 grup kuda lumping yang bener2 pakai kesurupan? (Bukan tepu2).

Kalau menurut hemat saya, ada baiknya memiliki pemahaman yang benar dahulu dalam hal “diselamatkan”, “dipenuhi Roh Kudus” , “hidup dalam kekudusan” dst.

Ada ayat ini:

Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. (Yoh 14:23)

Saya berpendapat bahwa ayat tersebut mengajarkan bahwa KETAATAN seorang kristen kepada Firman Tuhan menyebabkan DUA pribadi ilahi lainnya, yaitu Bapa dan Yesus , MEREKA akan “tinggal” dalam diri orang taat Firman ini,… Dan di bawah kondisi ini, dimana Allah Tritunggal sepenuhnya “tinggal” dalam diri seseorang yang taat, maka TIADA YANG MUSTAHIL yang dapat terjadi, dan di bawah kondisi ini pula tak mungkin seseorang dapat dirasuki setan-setan.

Para rasul di gereja awal yang hidup dalam KETAATAN akan Firman Tuhan, mereka melayani disertai dengan tanda-tanda ajaib, oleh sebab ketaatan para rasul kepada Firman Yesus sehingga penyertaan Yesus menjadi FULL, itulah sebabnya orang2 dengan HIGH-FIDELITY seperti itu TIDAK MUNGKIN dapat dirasuk setan.

Artinya, orang Kristen “setengah-setengah” atau “suam-suam” MASIH DAPAT dirasuk setan,….

Salam.

4 thoughts on “Benarkah orang Kristen tidak dapat kerasukan setan?

  1. Shalom, orang kristen bisa kerasukan setan karena suam2 kuku dalam arti seperti ditulis diatas,dan hal dibicarakan diatas sangat benar sekali sesuai dengan injil Tuhan, tetapi sayang banyak hamba2 Tuhan yang tidak mengerti menggunakan alasan pada injil sehingga sering menyangkal kejadian hal2 diatas. Saya udah melayani orang percaya yang kerasukan setan walaupun taat dikarenakan juga setan bisa melihat celah dari dosa yang diperbuatnya. Itulah yang menjadi jalan masuk setan….GBU

  2. Puji Tuhan. Saya sependapat dengan penjelasan dari hamba-Nya di Gereja Kerasulan Baru. Kebetulan saya sudah menulis buku tentang kerasukan roh jahat (tipis saja hanya 66 halaman) yang menjelaskan bahwa orang Kristen dapat disiksa, dipengaruhi, dikuasai, dirasuk roh jahat. Tentu dasar pijakan roh jahat adalah keberadaan dosa pada orang kristen tersebut yang dilakukan terus menerus dengan sengaja, tidak meminta pengampunan Tuhan dan terlibat dengan okultisme. Terima kasih untuk tulisannya. Lord Jesus bless us

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s