Target level rohani tertentu yang dapat dicapai orang Kristen

Dari pengalaman ini membuat aku sadar bahwa ADA LEVEL ROHANI TERTENTU YANG DAPAT DICAPAI SEORANG KRISTEN DIMANA DIA DAPAT KEHILANGAN SEMUA SELERA BERDOSA, TETAPI YANG LEBIH BANYAK ADALAH KEINGINAN UNTUK MENYEMBAH TUHAN, UNTUK BERDOA, UNTUK MERENUNGKAN FIRMAN-NYA,..”

Seorang sahabat minta saran kpdku tentang bagaimana menghadapi seorang teman yang jika di hadapan kita dia nampak baik, tapi di belakang kita dia ngomong macam-macam.

“Apakah kamu merasa sakit hati? ” tanyaku menyelidik.

“Mau saya, dia bicara terus terang kalau memang ndak suka padaku, jangan dibelakang gitu. Khan Yesus mengajarkan kita harus jujur?” jawabnya.

Lalu aku berceritera mengenai pengalaman pribadiku.

“Dulu” kataku mengawali :” Dari sejak kecil, aku ini orangnya mudah tersinggung. Padahal aku kristen sejak lahir. Sampai suatu hari di sebuah KKR, aku melihat bagaimana seseorang yang didoakan, dia bermanifestasi, menggelepar-gelepar di lantai gereja, kemudian dia mengalami pelepasan. Itulah pengalaman pertama saya melihat bagaimana setan diusir dari seseorang, yang selama itu hanya aku baca di Alkitab. Aku begitu terpesona dengan pekerjaan Roh Kudus, mulai saat itu aku mempercayai bahwa apa yang tertulis di kitab Injil, tentang kuasa Roh Kudus, tentang kuasa Allah, benar-benar sesuatu yang nyata, bukan sekedar dongeng. Aku benar-benar ingin mengalami sendiri pengalaman dengan Roh Kudus. Tetapi sungguh aneh mas, sebab sepulang dari KKR itu, aku merasa seperti ada sesuatu yang lepas dari diriku. Aku kehilangan SAKIT HATI, aku kehilangan DENDAM, aku kehilangan PERMUSUHAN, KEBENCIAN, semuanya lenyap begitu saja dari diriku. Seandainyapun ada seseorang yang menyakitiku saat itu, aku yakin TIDAK MUNGKIN aku sakit hati, sebab aku sudah kehilangan (benih) SAKIT HATI . Jadi, sepertinya, itulah level rohani baru yang aku masuk di dalamnya dan mengalaminya.”

“Ya, aku pernah mengalami damai sejahtera semacam itu, namun ketika aku tersulut oleh sesuatu, aku marah lagi ” jawab sahabat saya.

“Tidak. … Itu berarti Anda belum sepenuhnya masuk ke level itu. Saya mengalaminya berhari-hari. Damai sejahtera itu menguasaiku bahkan bertahun-tahun ” kataku.

Aku melanjutkan:

“Tak lama setelah peristiwa itu, aku berburu doa pagi. Di Magelang waktu itu ada gereja2 yang rutin mengadakan doa pagi. Aku ikut doa pagi. Aku rela jam 4 pagi bangun, pakai motor menyeberang kota, karena rumahku di pinggiran kota sebelah selatan, sedangkan gereja itu di pinggiran kota sebelah utara, tapi tidak masalah. Aku jalani itu dengan sukacita, dan damaisejahtera itu terus menguasai aku. Dari pengalaman ini membuat aku sadar bahwa ADA LEVEL ROHANI TERTENTU YANG DAPAT DICAPAI SEORANG KRISTEN DIMANA DIA DAPAT KEHILANGAN SEMUA SELERA BERDOSA, TETAPI YANG LEBIH BANYAK ADALAH KEINGINAN UNTUK MENYEMBAH TUHAN, UNTUK BERDOA, UNTUK MERENUNGKAN FIRMAN-NYA,..”

Sahabatku secara refleks mengulurkan tangan menyalamiku.

“Terimakasih pak, aku memperoleh pengertian baru, ” katanya.

Ya, ada level rohani tertentu yang dapat dicapai semua orang kristen, yaitu kepenuhan Roh Kudus yang mana manifestasinya dapat dirasakan dengan adanya perubahan pada karakter orang tersebut yang sesuai dengan buah Roh Kudus.

Stefanus telah mencapai level rohani ini, dimana selain ia dipakai Tuhan untuk melayani jemaat dengan tanda2 ajaib (mujizat) ia juga kehilangan dendam dan sakit hati. Ini terlihat ketika dia dilempari batu oleh orang2, dia mendoakan orang2 itu dan memohonkan ampun untuk mereka (Kisah 7:55 dst). Dan siapa berani bilang kalau Stefanus tak berhak masuk sorga kelak?

Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s