Baptisan Roh Kudus


 

Kekristenan mengenal 3 macam baptisan: Baptisan Air, Baptisan Roh Kudus dan Baptisan Api. Baptisan air dilakukan oleh manusia, sedangkan kedua baptisan lainnya ditentukan oleh Tuhan. Artikel ini akan membahas Baptisan Roh Kudus.

Seperti kita ketahui, baptisan diserap dari kata “baptizo” bermakna ditenggelamkan seluruhnya. Baptisan Roh Kudus, atau Dibaptis dengan Roh Kudus berarti: ditenggelamkan dalam Roh Kudus. Ini sepertinya berbeda dengan “menerima Roh Kudus” , yang dalam konteks ini dapat bermakna jamak: 1) sekedar menerima tetapi tidak penuh (tidak sampai tenggelam) dan 2) menerima dalam jumlah “banyak” sampai “tenggelam”.

Kita akan melihat terlebih dahulu, berapa kali murid Yesus menerima Roh Kudus? Hanya satu kali-kah? Atau berulang-kali?

Yoh 20:19-23

19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.
21 Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”
22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan  berkata:
Terimalah Roh Kudus.
23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Peristiwa itu terjadi beberapa saat setelah Yesus bangkit. Ayat (22) menerangkan bagaimana Yesus meniup (menghembusi) para  murid-Nya dan mereka menerima Roh Kudus. Yesus saat itu tidak  menumpangkan tangan-Nya, namun meniup,…

Ayat (23) menjelaskan bahwa setelah murid-murid itu menerima Roh Kudus, mereka mempunyai otoritas untuk: mengampuni atau tidak mengampuni dosa orang. Namun kalau kita perhatikan, murid-murid itu tidak berbahasa Roh, sebab mereka memang menerima Roh Kudus, namun itu belum dalam konteks dibaptis Roh Kudus.

Sekarang kita ke ayat yang terkenal, yaitu peristiwa pencurahan Roh Kudus yang dilakukan oleh Tuhan Yesus kepada para murid-Nya plus orang-orang percaya di hari Pentakosta.

Kisah 2:1-11
1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
5 Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit.
6 Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri.
7 Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: “Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?
8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita:
9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,
10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma,
11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah.”

Waktu itu Roh Kudus turun dari langit, seperti tiupan angin keras (ayat 2) nampak seperti lidah api yang menyala dan hinggap kepada (hanya) para murid Yesus dan orang-orang percaya (ayat 3). Orang-orang lain yang juga hadir, tetapi bukan orang percaya, mereka tidak dihinggapi Roh Kudus.

Para rasul dan orang-orang percaya itu penuh dengan Roh Kudus (ayat 4), lalu mereka terdorong untuk berbahasa Roh. Itulah (sepertinya) untuk pertama kalinya para Rasul Yesus dan orang-orang percaya berbahasa Roh.

Jika penerimaan Roh Kudus di Yohanes 20:22 memberikan otoritas (hak penuh) kepada para Rasul untuk mengampuni dosa, maka Baptisan Roh Kudus di Kisah 2:1-11 memberikan otoritas (hak penuh dan juga kuasa) untuk: menjadi saksi Yesus (Kisah 1:8), misalnya memampukan Petrus menyampaikan kotbah (Kisah 2:14-40) sehingga hari itu juga ada 3000 orang meminta dibaptis Air. Dan orang percaya bertambah 3000 jiwa sebagai hasil kotbah Petrus yang disertai Kuasa Roh Kudus yang memenuhi rasul ini.

Dampak lain dari Baptisan Roh Kudus adalah otoritas untuk melakukan mujizat. Rasul-rasul Yesus itu melakukan banyak mujizat dan tanda (Kisah 2:43). Petrus menyembuhkan orang lumpuh:

Kisah 3:1-10
1 Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah.
2 Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung.Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah.
3 Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah.
4 Mereka menatap dia dan Petrus berkata: “Lihatlah kepada kami.”
5 Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka.
6 Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!”
7 Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri.Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu.
8 Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat serta memuji Allah.
9 Seluruh rakyat itu melihat dia berjalan sambil memuji Allah,
10 lalu mereka mengenal dia sebagai orang yang biasanya duduk meminta sedekah di Gerbang Indah Bait Allah, sehingga mereka takjub dan tercengang tentang apa yang telah terjadi padanya.

Alkitab masih mencatat lagi bahwa para rasul Yesus masih dapat dipenuhi lagi dengan Roh Kudus untuk maksud yang lain: memberi keberanian lebih untuk memberitakan injil.

Kisah 4:21-31
21 Mereka semakin keras mengancam rasul-rasul itu, tetapi akhirnya melepaskan mereka juga, sebab sidang tidak melihat jalan untuk menghukum mereka karena takut akan orang banyak yang memuliakan nama Allah berhubung dengan apa yang telah terjadi.
22 Sebab orang yang disembuhkan oleh mujizat itu sudah lebih dari empat puluh tahun umurnya.
23 Sesudah dilepaskan pergilah Petrus dan Yohanes kepada teman-teman mereka, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang dikatakan imam-imam kepala dan tua-tua kepada mereka.
24 Ketika teman-teman mereka mendengar hal itu, berserulah mereka bersama-sama kepada Allah, katanya: “Ya Tuhan, Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya.
25 Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?
26 Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar berkumpul untuk melawan Tuhan dan Yang Diurapi-Nya.
27 Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus, yang Engkau urapi,
28 untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula oleh kuasa dan kehendak-Mu.
29 Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu.
30 Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus.”
31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Ayat (31) dengan begitu jelas menerangkan bahwa para rasul Yesus itu kembali dipenuhi Roh Kudus, dan sebagai akibatnya mereka memperoleh tambahan keberanian untuk memberitakan Injil disertai kuasa Roh Kudus yang lebih dahsyat.

Artinya, seseorang dapat (boleh) menerima Roh Kudus, bahkan boleh kepenuhan Roh Kudus berulang-kali. Hal itu terutama akan terjadi pada orang Kristen yang memberitakan Injil, yang melayani “domba-domba” Yesus Kristus. Namun menurut hemat penulis, setiap orang Kristen perlu dipenuhi Roh Kudus sesering mungkin.

Kita kembali ke para rasul.

Semakin giat mereka memberitakan Injil, maka mujizat-mujizat semakin dahsyat, sehingga bayangan Petrus dapat menyembuhkan orang sakit (baca = kuasa Roh Kudus bekerja lewat bayangan Petrus) disini:

Kisah 5:12-16
12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat.
13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak.
14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan,
15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka.
16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.

Sekarang kita akan memperlajari bagaimana seseorang bisa menerima baptisan Roh Kudus.

PERTAMA: SADARI BAHWA BAPTISAN ROH KUDUS PERLU KITA TERIMA

Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. (Yoh 3:5)

Ayat tersebut menjelaskan pentingnya seseorang dilahirkan dari Roh, yaitu menerima Baptisan Roh. Sebab jika tidak, maka ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah (tidak dapat masuk Sorga).

KEDUA: YESUS HANYA MEMBAPTIS ROH KUDUS UNTUK ORANG PERCAYA

Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; (Yoh 1:12)

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah 1:8)

Hanya orang yang percaya dan mau menerima Yesus sebagai Juruselamatnya yang akan diberi Roh Kudus. Sesudah seseorang menerima Roh Kudus, ia akan dimampukan oleh Roh Kudus untuk mempertahankan imannya kepada Yesus. Tanpa iman kepada Yesus, seseorang tidak akan dibaptis dengan Roh Kudus, sebab Tuhan membebaskan setiap orang untuk mempercayai-Nya atau menolak-Nya (prinsip kehendak bebas – freewill).

KETIGA: MEMINTA DENGAN IMAN

Setelah Anda menyadari betapa pentingnya dibaptis dengan Baptisan Roh Kudus, Anda mulai merindukan-Nya (itu yang dahulu pernah Penulis lakukan), lalu dengan bulat hati, membuka hati untuk menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka tinggal selangkah lagi:

“MEMINTA DIBAPTIS ROH KUDUS (dengan iman)”

Lukas 11:9-13
9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah,  maka pintu akan dibukakan bagimu.
10 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?
12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?
13 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.

Ayat-ayat itu adalah ucapan Yesus Kristus yang 100% dapat dipercaya, dan Allah tidak mungkin mengingkari Firman-Nya sendiri.

Masuklah ke dalam kamar, arahkan hatimu kepada Yesus, dan berdoalah begini:

“Tuhan Yesus, hamba-Mu ini percaya kepada Tuan, jadilah Tuan sebagai Tuhanku, sebagai Rajaku, sebagai Juruselamatku. Baptislah hamba-Mu ini dengan Roh Kudus. Dalam nama-Mu kami telah berdoa. Amin !”

Anda bisa mengalami dua kemungkinan. Pertama, Anda seperti tidak mengalami apa-apa. Namun percayalah, bahwa Anda sudah menerima Baptisan Roh Kudus. Kedua, Anda tiba-tiba seperti tersengat listrik tegangan tinggi,… Puji Tuhan. Jika bibir ANda tergetar, ikuti getaran itu, maka Anda akan berbahasa Roh. Anda tidak perlu pusing memikirkan makna kata yang Anda sedang ucapkan. Roh Kudus yang melakukannya. Mengucap syukurlah dengan hatimu.

Baik kemungkinan pertama maupun yang ke dua akan membawa dampak serupa: hati Anda akan terasa baru. Anda begitu damai, begitu fresh, sebab Anda baru saja mengalami lahir baru dari Roh Kudus.

Yehezkiel 36:26-27
26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

3 thoughts on “Baptisan Roh Kudus

  1. Bener apa yang saya alami pun seperti itu..dulu saya pernah beranggapan suatu manifestasi Roh Kudus itu hanya merupakan bagi sebagian orang saja yang dipilih Tuhan..tapi baru saya sadari Tuhan itu memberikan kuasa dan otoritasNya kepada kita semua tanpa terkecuali.
    Pernah suatu ketika ketika saya belum begitu meyakini adanya kuasa Roh Kudus yang dalam hal ini bersifat supranatural yaitu ketika saya mengikuti sebuah kebaktian akbar yang di hadiri hamba Tuhan dari India yang dipakai secara luar biasa oleh Tuhan. Saat itu ada altar call seperti yang biasa diadakan setelah pemberitaan Firman Tuhan. Dulu saya beranggapan setiap orang yang rebah saat menerima manifestasi dari Roh Kudus itu merupakan hanya suatu “kebiasaan” atau “keharusan” dimana mereka hanya ingin menggambarkan bahwa mereka sedang dijamah Roh Kudus. Namun Tuhan mengajar saya, ketika saya melangkah maju dan hamba Tuhan dari India itu berkata “lewat segelas air yang akan ku percikkan, kalian akan penuh akan Roh Kudus” setelah itu ia memercikkan air tersebut dan setetes air itu mengenai wajah saya. Seketika itu saya merasakan ada getaran yang sungguh kuat sehingga kaki saya tidak kuat menopang tubuh, dan akhirnya saya roboh..badan saya seperti kejang kejang. Saya diangkat ke atas panggung bersama dengan jemaat lainnya yang rebah pula..disitu saya menangis, saya mohon ampun karena kurangnya kepercayaan saya. Tapi Tuhan itu baik, lewat pengalaman2 pribadi bersamaNya saya semakin kuat dan percaya didalamNya.

  2. Bapa Menuntun orang percaya yg dipakaiNya, melalui tulisan ini mnjawab pergumulan prajurit2nya Tuhan, agar bangkit dan lbih tinggi, tidak memikirkan perkara duniawi dan kepentingan pribadi tapi meresponi kmbali Panggilan Tuhan utk mmberitakan Injil! Mengandalkan Tuhan, secara langsung. Diberkatilah penulis blog ini!amen!!

  3. Baptisan ROH KUDUS memang akan diberikan TUHAN YESUS kepada orang yang percaya kepada-NYA, yang lapar dan haus akan kebenaran akan dipuaskan dan memang yang meminta akan diberi oleh-NYA. Saya juga mengalami hal yang sama. Latarbelakang aliran Kristen yg dianut keluarga saya dan saya membuat saya merasa aneh dengan manifestasi Roh Kudus ditambah lagi ketika jaman sekarang sudah modern dan saya meilhat banyak rupa pengajaran Roh Kudus melalui You Tube. Saya semakin penasaran dan penasaran dan kadang ada pertentangan. Tapi terima kasih karena TUHAN YESUS yang menagkap saya akhirnya. Setelah melalui proses panjang penasarann saya, saya mulai mencari tahu apakah ini benar. Sampai suatu hari ketika saya berada di ‘house group’ seorang ibu yg punya karunia berdoa buat saya dan dia bilang kalau TUHAN mau memakaimu tapi kamu harus melenyapkan segala sesuatu yg melekat didirimu. Saya penasaran dan atas saran teman saya dia bilang kamu berdoa saja dan tanya pada TUHAN langsung. Akhirnya malam itu ketika sampai dikamar saya berdoa dan berserah penuh mengaku akan dosa-dosa saya. Saya menangis, saya bilang saya percaya Engkau TUHAN YESUS, jadilah padaku seperti yang Engkau inginkan. Saya berdoa kalau saya mau dekat dgn MU TUHAN YESUS, terus saya berdoa dan meminta agar saya bisa berbahasa Roh Kudus karena yg saya baca di Alkitab bahasa Roh Kudus untuk membangun hubungan dg TUHAN. Tiba-tiba mulut saya terbuka lebar-lebar dan bibir saya mulai bergetar dan lidah saya terputar-putar tak karuan. Saya jadi takut karena saya berpikir apakah ini benar? Akhirnya saya mengabil Alkitab dan bilang TUHAN saya mau tahu apakah ini artinya berbicaralah kepadaku dan ketika dibuka Alkitab saya dapat dikasih ayat di PL yg bilang kalau sedang ada sukacita akrena pembangunan mezbah ALLAH. Saya berdoa lagi pada TUHAN dan dikasih ayat di Yeremia dan TUHAN bilang bukalah mulutmu lebar-lebar karena aku akan memberika firman-KU kedalam mulutmu. Saya juga pernah dikasih TUHAN yang ayat Yehezkiel 36:26-27. Wah panjang sekali ceritanya……. sampai hari ini saya mengalami begitu banyak pengalaman pribadi yang indah dengan TUHAN YESUS juruselamatku, raja dibumi dan disorga. Benar saya rasa saat itu ada baptisan ROH KUDUS yg saya alami dan saya menjadi fresh, diberkati tubuh, jiwa dan roh. Dan saya diajari banyak hal oleh TUHAN setiap hari melalui firman-NYA yang sebelumnya sudah pernah saya dengar tapi ada banyak kebenaran lagi yg dibukakan TUHAN pada saya melalui ROH-NYA. Saya menjadi manusia baru dengan pemikiran baru, hati yg baru. Tanpa saya sadar saya telah diubahkan total menjadi org yg penuh kasih (bahkan ROH KUDUS sendiri yg memproduksi semua buah-buah ROH KUDUS didalam saya samapia saya kebingungan kok saya sudah lain sekali yah?). Dan akhirnya perlu diingat bahwa akhir zaman ini semua anak TUHAN perlu menerima baptisan ROH KUDUS karena IA adalah penolong, penghibur, yg merekatkan hati kita pada TUHAN YESUS agar tidak lepas dan yang memampukan kita hidup kudus sampai TUHAN YESUS datang yang kedua kalinya. Segala puji hormat dan kemuliaan hanya bagi TUHAN YESUS KRISTUS. AMIN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s