Pertobatan-Ketuhanan Yesus


Ada tiga dasar kekristenan:

  1. Pertobatan
  2. Baptisan Air
  3. Baptisan Roh Kudus

Ketiga dasar itu haruslah dialami secara lengkap oleh orang Kristen, sebab jika tidak maka kehidupan rohaninya dapat menjadi timpang, kemajuan rohani akan sulit dicapai. Artikel ini akan membahas sedikit dasar kekristenan yang pertama: Pertobatan.

Pertobatan dimulai dengan mengakui dosa, kesalahan, pelanggaran yang pernah dilakukan dan meninggalkannya, kemudian berpegang kepada Firman Tuhan untuk melakukan kebenaran dan keadilan serta secara sadar tidak mau melakukan dosa lagi (Mzm 32:5; Yehezkiel 18:21-23). Karena Allah adalah kasih, maka Ia pasti mengampuni segala dosa umat manusia (1 Yoh 1:9).

Pertobatan Zakheus (Lukas 19:1-8) merupakan sebuah contoh. Sebelumnya Zakheus adalah seorang pemungut cukai yang jahat, ia telah merugikan banyak orang. Sesudah bertobat, maka ia menunjukkan pertobatannya dengan memberikan setengah dari harta miliknya pada orang miskin dan ia mengembalikan 4 kali lipat dari yang telah dia rampas dan mengaku dosa.

Contoh lain di Lukas 15:11-16 tentang anak yang hilang. Sebelum bertobat ia adalah seorang anak yang telah memboroskan harta milik ayahnya dengan berfoya-foya, dengan hidup dalam kesenangan dunia. Sesudah hartanya ludes, habis, dan ia lalu jatuh miskin, sampai untuk makanpun ia tidak dapat lagi, sehingga ia memutuskan untuk kembali kepada orangtuanya, kepada ayahnya, sesudah ia menyadari keadaannya itu. Tidak ada seorangpun yang mau menolongnya di perantauan (Lukas 15:18-24). Lalu ia bertindak, ia bangkit dan pergi ke rumah bapaknya untuk mengaku bersalah, dan oleh belaskasihan bapaknya maka anak yang hilang itu diterima kembali oleh ayahnya; anak yang sebelumnya dianggap hilang dan mati itu sekarang telah kembali dan hidup lagi.

Allah juga menghendaki kita mengalami pertobatan secara demikian, karena kita telah menjadi umat-Nya, bahkan umat kesayangan-Nya dan telah menjadi milik-Nya. Kita tidak boleh kembali lagi pada kehidupan lama kita.

Iklan

2 thoughts on “Pertobatan-Ketuhanan Yesus

  1. Saya Sependapat pengenai Pertobatan dan Meninggalkan manusia lama Yaitu” Manusia secara Kedagingan yg selalu di penuhi dengan Nafsu, Iri, dengki, cemburu, dan merasa dirinya yg terbaik” itulah ciri dari manusia lama yg perlu kita tinggalkan dan kita bisa menjadi manusia yg baru yg telah di perbaharui oleh Kasih dan Rohkudus. karena Pembaharuan yg di bawa oleh Sang Mesias mendatangkan Keselamatan yang pasti, dan dengan Hukum Kasihnya kita bisa lebih Bijak, Sederhana, dan bisa mengasihi sesama tanpa tebang pilih. saya juga tertarik deng judul Blog anda di atas” Reformed Apostolic Church” sippp..!

    • Dear GKBBJN
      Anda menulis:
      Quote:
      “…saya juga tertarik dengan judul Blog anda di atas” Reformed Apostolic Church” sippp..!”

      Jawabku:

      Pertama saya tegaskan, artikel di blog saya ini saya tulis berdasarkan FAKTA , bukan karangan.
      Saya merinding membaca koment Anda, bro !!

      Oh ya, saya juga buka blog baru di blogspot, alamat urlnya adalah:
      http://gkbigombong.blogspot.com

      Kalau sempat mampir yah? Saya juga mau sering-sering mengunjungi blog Anda. Tapi,… sering di up-date donk.

      Omong-omong, Pasar Pagutan sebelah kulon Podourip masih ramai khan?

      Tuhan Yesus memberkati.

      Salam sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s